'Kota Hantu' Hadir di Google Maps

LONDON – Para ahli internet di buat bingung dengan keberadaan sebuah kota bernama Argleton di wilayah Lancashire, Inggris. Pasalnya, keberadaan kota tersebut terdeteksi di layanan Google Maps dan direktori online. Namun pada kenyataannya, kota itu tidak benar-benar ada.

Pada layanan Google, Argleton terletak dekat jalur cepat M58, sebelah selatan wilayah bernama Ormskirk.Keberadaan kota tersebut menandakan bahwa peranti lunak dan sistem online mendeteksi kehadiran wilayah tersebut dan secara otomatis menganggapnya sebagai kota nyata di Inggris dan termasuk dalam wilayah kode pos L39.

Google dan perusahaan lain yang menyediakan data tersebut bahkan tidak dapat menjelaskan kehadiran ”kota hantu” dan hingga saat ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Demikian keterangan yang di kutip dari Telegraph, Senin (2/10/2009). 

Dugaan sementara untuk menjelaskan kehadiran Argleton pada Google Maps adalah sebuah teori yang menyebutkan bahwa ”kota hantu” tersebut mungkin saja dengan sengaja di tambahkan pada Google Maps sebagai sebuah perangkap untuk menangkap perusahaan yang melanggar hak cipta sistem pemetaan.

“Mungkin saja ini adalah eror yang disengaja sehingga pengguna tidak bisa mengkopi peta tersebut,” kata akademisi dari Liverpool Joe Moran. 

Sementara itu, juru bicara Google menyebutkan meski sebagian besar informasi pada layanan mereka di jamin benar, namun terkadang ada pula kemungkinan terdapat eror. 

“Kami terus bekerja mengembangkan kualitas dan akurasi informasi yang tersedia di Google Maps dan sangat menghargai feedback dari pengguna yang membantu kami dalam pengembangan layanan ini.” kata juru bicara tersebut. 

Dia pun menambahkan, para pengguna layanan mereka dapat langsung melaporkan masalah yang mereka temukan ke penyedia data dan Google akan langsung mengupdatenya. (srn)

Sumber: http://techno.okezone.com

 

Jika Anda suka dengan artikel ini silakan Like!

Berlangganan Artikel Yuk!! Masukkan emailmu pada form berikut…






Baca juga artikel lainya ^^

Comments Closed