Ponpes Asuhan Kiai AKN Bantah Adanya Pencabulan

PATI – Pengurus Ponpes asuhan Kiai AKN di Pati, Yonk Sumarsono menyatakan, laporan sejumlah orangtua murid ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menyatakan pimpinan ponpes Kiai AKN melakukan kekerasan seksual kepada murid-muridnya adalah fitnah.

Menurut Yonk, apa yang dilakukan pihak-pihak tersebut adalah semata-mata ingin menjatuhkan nama pimpinan ponpes. Disinggung mengenai keberadaan Kiai AKN, Yonk menjelaskan sang kiai berada di pondok. Akan tetapi, sedang tidak enak badan setelah pulang dari Jakarta dan tidak dapat menemui wartawan.

“(Tuduhan) itu tidak benar. Bisa saja, hal itu dilakukan karena ada pihak-pihak yang iri melihat prestasi dan kemajuan ponpes maupun sekolah yang dinaungi yayasan ponpes. Selain itu, setiap menjelang pemilihan presiden selalu ada fitnah yang diarahkan ke Ponpes, SMP, dan SMK Terpadu asuhan KH AKN. Fitnah ini dilakukan orang-orang yang diduga mantan pengajar serta mantan siswa, yang dikeluarkan karena melanggar tata tertib atau keluar sendiri, tanpa pemberitahuan lebih didasari rasa sakit hati,” kata Yonk kepada wartawan di Ponpes AKN Marzuki, Minggu (23/12/2008).

Dia juga membantah kabar yang menyebutkan adanya hukuman kekerasan yang diterapkan kepada siswa atau santri ketika melakukan kesalahan. Sebab, penerapan hukuman di sekolah masih tergolong normal dan tidak menjurus kekerasan fisik. Menurutnya, jika mendidik atau memberikan peringatan dengan kekerasan, maka nanti produk SDM yang dihasilkan juga kekerasan.

“Selama ini hukuman yang kita terapkan normal, kalau ada siswa yang nakal ya kita peringatkan secara lisan, atau kalau masih membandel dijewer. Kalaupun ada hukuman yang agak keras, tapi itu bukan menjurus ke kekerasan fisik,” tambah dia.

Mengenai upaya hukum yang akan ditempuh pihak ponpes, Yonk belum dapat menjelaskan. Permasalahan ini akan dibicarakan secara intern sambil menunggu perkembangan selanjutnya. (Sundoyo/Sindo/hri).

Dikutip dari: www.okezone.com

Jika Anda suka dengan artikel ini silakan Like!

Berlangganan Artikel Yuk!! Masukkan emailmu pada form berikut…






Baca juga artikel lainya ^^